TEMPO InteraktifLondon - Manajer Manchester United Sir Alex Ferguson diganjar larangan mendampingi timnya selama lima pertandingan oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA). Menurut The Guardian, sanksi tersebut merupakan yang terberat yang pernah dijatuhkan kepada seorang manajer klub Liga Primer.


Daily Mail menulis, "FA bersikap keras terhadap Fergie terkait omelan ke wasit... dan itu memang sudah waktunya." Sedangkan, Manajer Chelsea Carlo Ancelotti membela Ferguson. Ancelotti menilai sanksi yang dijatuhkan FA terlalu berat.

Sanksi tersebut merupakan yang kesekian kali diterima Ferguson. Berikut ini beberapa sanksi yang dialamatkan ke Ferguson menurut catatan Laurie Whitwell dari Daily Mail.

Oktober 2003. Larangan mendampingi tim di dua pertandingan dan denda 10 ribu pounds (Rp 141 juta) setelah Ferguson mengkritik wasit Jeff Winter saat Manchester United melawan Newcastle United.

Desember 2007. Larangan mendampingi tim di dua pertandingan dan denda 5.000 pounds (Rp 70 juta) setelah Ferguson mengaku bersalah menceramahi wasit Mark Clattenburg di Bolton.

Mei 2008. Ferguson lolos dari sanksi setelah mengkritik wasit Martin Atkinson usai perempat final Piala FA antara Manchester United melawan Portsmouth.

November 2008. Larangan mendampingi tim dua pertandingan dan denda 10 ribu pounds (Rp 141 juta) karena berselisih dengan wasit Mike Dean setelah pertandingan Manchester United melawan Hull.

Oktober 2009. Larangan mendampingi tim di empat pertandingan (dua pertandingan ditangguhkan) serta denda 20 ribu pounds (Rp 282 juta) karena menyebut wasit Allan Wiley tidak fit saat memimpin pertandingan Manchester United melawan Sunderland. 

Januari 2010. 
FA mempertimbangkan untuk mencabut penangguhan larangan mendampingi tim kepada Ferguson setelah Ferguson mengkritik Clattenburg karena mengkartumerahkan Darren Fletcher di Birmingham.

Maret 2010. 
Ferguson mencap FA 'gila' dan 'tidak berfungsi' karena tidak memberikan sanksi kepada Steven Gerrard setelah Gerrard menyikut Rio Ferdinand. Akibatnya, FA kembali mempertimbangkan untuk mencabut penangguhan larangan terhadap Ferguson.

Maret 2011. Dilarang mendampingi tim di lima pertandingan dan denda 30 ribu pounds (Rp 423 juta) karena mengkritik wasit Martin Atkinson. 

Akibat larangan terbaru tersebut, Ferguson kemungkinan bakal absen mendampingi Manchester United pada pertandingan.
1. Sabtu 19 Maret melawan Bolton Wanderers
2. Sabtu 2 April melawan West Ham United
3. Sabtu 9 April melawan Fulham
4. Sabtu 16 April melawan Manchester City di semifinal Piala FA
5. Sabtu 23 April melawan Everton

Jika Ferguson naik banding dan ditolak, larangan kemungkinan bertambah satu pertandingan lagi:
6. Ahad 1 Mei melawan Arsenal  


TOTAL DENDA SIR ALEX: 75 ribu pounds (Rp 1 miliar)
TOTAL LARANGAN MENDAMPINGI TIM: 13 pertandingan 

0 komentar:

Posting Komentar